author
IDLang
8 Ciri-ciri Orang yang Berpikiran Sempit dan Cara Menghadapinya

8 Ciri-ciri Orang yang Berpikiran Sempit dan Cara Menghadapinya

IDLang - Orang yg berpikiran sempit adalah mereka yg menolak diri untuk bertoleransi dengan orangg lain, dengan sebuah perbedaan sosial, dengan ide/saran dari orang lain, dan serta persoalan sekitarnya.

ciri orang yang berpikiran sempit? setidaknya bila dibandingkan diri kita sendiri adalah bila kita bertanya dari sudut pandang lain, ia terlihat tidak kepikiran sampai sana. sama seperti kalau kita main game, ia terlihat seperti noob.

Adapun ciri-ciri orang berpikiran sempit adalah:


1.Susah menerima saat orang lain mengoreksi.

Mereka terlalu tinggi hati untuk bisa menerima sebuah masukan. Berpikir bahwa dia melakukan itu karena iri dengannya. Makanya menolak dikoreksi dan selalu merasa benar dengan apa yang dia katakan dan lakukan. Pokoknya tidak ada yang lebih benar dari apa yang kamu pikirkan. Baginya, lebih baik kamu mencari tahu sendiri daripada mengikuti saran org lain.

2. RASIS adalah contoh orang yang berpikiran sempit.

Gejala parah dimana mereka yg berpikir sempit dekat dengan pikiran negatif yg lebih mendominasi, yang mana mereka susah mentolerir sebuah perbedaan, yang tidak mau menerima suku, agama, golongan, ras yang ada di dalam kehidupan.

3. Lebih banyak mengajukan pernyataan (statement) dibandingkan pertanyaan.

Dalam sebuah pertemuan yang jika dihadiri oleh banyak orang, akan nampak mana orang berpikiran terbuka dan juga orang berpikiran sempit. Apalagi model pertemuan adalah diskusi dan bukan seminar. Kerapkali, orang berpikiran sempit akan memberikan kritik dan juga interupsi atas subtansi yang dibawakan narasumber.

4. Sangat defensif.

Melakukan kesalahan tapi tetap mempertahankan apa yang telah dilakukannya.

5. Suka menghakimi.

Ini dia ciri khas close-minded people. Biasanya orang ini akan melontarkan pernyataan-pernyataan negatif bila ada orang yang tidak setuju dengan pendapatnya, dan tak jarang pula langsung menghakimi lawannya. Apalagi saat lawannya melakukan kesalahan, alih-alih memberikan pertolongan atau solusi, ia akan semakin menyudutkan lawannya sampai lawannya tersebut menjadi minder.

6. Kaku atau tidak fleksibel.

Orang berpikiran sempit tidak fleksibel dengan keadaan. Ini sih sudah pasti mengingat bahwa tipe ini tidak akan mengubah pendapatnya walaupun pendapat lawan atau rekannya lebih baik dari sisi analisa kekuatan dan kelemahan (SWOT).

7. Tidak pandai bernegosiasi.

Tentunya orang berpikiran sempit akan sulit berunding dengan orang lain. Tak heran jika tipikal orang seperti ini lebih suka membuat komunitas atau mengumpulkan massa pengikutnya dan membentuk opini publik.

8. Iri hati.

Ia selalu iri dengan apa yang kamu lakukan, kamu kenakan, dan kamu katakan. Orang berpikiran sempit karena susah menyesuaikan dirinya dengan keadaan, tak heran saat orang lain berubah menjadi lebih baik maka ia mencemoohnya.

Nah, gimana kalau cir-ciri di atas kita sering temui, atau jangan-jangan teman sendiri, gebetan, selingkuhan.. eh (enggak) memiliki ciri" tersebut. Berikut cara menghadapinya.

4 Cara Menghadapi Orang yang Berpikiran Sempit


1. Ajak berunding secara damai.

Jika kamu sering bertemu orang ini baik di sekolah, kampus, kantor, atau seminar-seminar, atau juga dalam aktivitas komunitas, maka kamu perlu mengajak dia berunding dua mata. Jangan berdebat. Bicarakan sesuatu secara baik.

2. Jangan pernah menyinggung kepribadiannya. 

Hindara berdebat dengan menggunakan argumen Ad Hominem. Ini poin penting loh. Jika kamu sampai mengungkit soal tingkah lakunya atau keburukannya, maka ia bisa saja menjadi tempramen lalu sentimental dengan sikap anda.

3. Tetap berpikir positif.

Jangan pernah minder saat dia menyudutkanmu. Bawa aura positif masuk dalam pikirannmu dan buang semua hinaannya. Itu akan lebih baik dibandingkan merekam kata-katanya dalam memorimu. Dikhawatirkan kamu malah menjadi trauma dan berubah menjadi close-minded.

4. Jujur dengan dirimu sendiri.

Apabila pendapat dia ternyata masuk akal dan diterapkan, take it. Mungkin orang tersebut bertahan dengan pendapatnya karena sudah diuji dalam berbagai aspek. Terima itu sebagai tantangan bagi dirimu untuk kedepannya lebih baik lagi. Mengalah bukan berarti kalah. Percaya deh, dia juga mungkin akan kagum dengan dirimu yang begitu terbuka dengan pendapat orang lain.

Dan buat kamu.. hey kamu.. iya kamu sdg membaca ini & mulai merasa, Baca:

“Jangan sampai ketidak mampuanmu untuk mengubah sifat jelekmu sendiri membuat orang lain dirugikan. Hiduplah dengan rendah hati dan belajarlah menerima pemikiran orang lain. Jangan menganggap semua orang sama denganmu karena dunia ini akan jadi sangat membosankan. Yang penting, kamu tahu kekuranganmu dimana dan mau memperbaikinya.” Udah !

Sekian artikel tentang 8 Ciri-ciri Orang yang Berpikiran Sempit dan Cara Menghadapinya semoga bermanfaat dan Terima kasih.


Indonesia
April 30, 2020 • 0 komentar
Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Buka Komentar